script

Senin, 06 Januari 2014

Backup Database

Langkah-langkah untuk melakukan Backup sebagai berikut

1. Buka PHPMyAdmin dan aktifkan database yang akan dibackup melalui panel “Database” di sebelah kiri layar (1). Pilih tab ‘Export’ yang terdapat pada panel utama (2).
Langkah 1

Langkah 1
2. Pada halaman export, (1) pilih tabel yang akan dibackup, (2) pilih format backup yang diinginkan, dalam hal ini pilih SQL, lalu atur beberapa pilihan eksport seperti pilihan untuk struktur data (3) dan pilihan untuk data (4). Berikut ini penjelasan singkat beberapa pilihan (opsi) yang dapat diatur:

Langkah 2

Langkah 2
* Structure, pilih / check jika kita ingin membackup struktur dari tabel.
* Add DROP TABLE / DROP VIEW, pilih / check jika kita ingin menghapus tabel atau view secara otomatis jika ternyata sudah ada di database saat dilakukan proses restore (replace).
* Add IF NOT EXISTS, pilih / check jika kita ingin menambahkan tabel / view hanya jika tabel di database belum ada.
* Enclose table and field names with backquotes, pilih / check jika kita ingin menambahkan backquote (`) pada nama tabel dan field. Hal ini diperlukan jika terdapat nama tabel atau field yang mengandung karakter khusus seperti spasi.
* Data, pilih / check jika ingin membackup data dari tabel
* Maximal length of created query, isikan dengan nilai maksimal jumlah query yang dihasilkan. Hal ini diperlukan untuk membatasi agar file yang dihasilkan tidak terlalu besar.
3. Masih di halaman export, langkah selanjutnya adalah menentukan hasil backup akan ditampilkan di layar atau disimpan dalam file. Pilih / check pilihan “Save File As” jika ingin menyimpan hasil backup dalam file (1) dan tentukan nama file serta pilihan kompresi (2) dari file yang dihasilkan. Pilih tombok OK untuk memulai proses Export.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar